Para petani kelapa sawit dari berbagai daerah sangat senang dengan adanya kenaikan harga TBS (tandan buah segar) saat ini. bahkan setiap minggunya harga bisa naik 20-70 rupiah per kilonya.inilah yang menjadikan para petani sangat senang sekali karena di waktu sebelumnya memang terjadi kemurahan harga TBS ini.



Saat ini di jambi harga TBS di toke toke daerah sudah berani membeli dengan harga 1750 sampai 1780 rupiah,sedangkan harga di pabrik sudah mencapai Rp 2000 per kilonya. Inilah yang menjadikan petani di daerah merangin khusunya sangat bersemangat merawat kebun kebunya sehingga kesempatan ini dijadikan para petani untuk membeli pupuk. Namun dengan adanya harga yang sangat tinggi ini di rasakan para petani buah buah pun mulai tidak ada, bahkan untuk kembang pun sekarang sudah jarang sekali terlihat.

Resiko kehilangan pun sekarang sudah mulai rawan para pencuri  pun sudah mulai berani masuk ladang-ladang mengambil buah yang ada di batang.Dengan adanya resiko ini sepakat para pengurus desa pun mengeluarkan peraturan ketat dengan denda. Apa bila tertangkap tangan seorang pencuri mengambil buah dalam satu jamjang sawit akan di kenakan denda 10 juta cara ini untuk membuat jera para pencuri buah sawit ini.

Cara di atas agar memberikan raja jera kepada pencari brondolan ini dengan adanya peraturan desa yang melarang untuk masuk kedalam lokasi akan lebih sedikit kemungkinan hilangnya TBS akibat pencurian.Namun apa boleh di kata tak selalu TBS ada yang menjaga mereka pun mencari lenggangnya situasi.

Bhasyr

Post a comment Blogger

 
Top