Cucak rawa merupakan burung jenis kicauan yang banyak di gemari dan dipelihara oleh penggemarnya.sampai saat ini para pecinta burung cucakrawa ini berusaha mendapatkan bibit dan tidak sedikit yang berusaha untuk menangkarnya.

Hal ini karena burung cucakrawa yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi,karena suaranya yang indah dan sangat merdu.Penangkaran burung cucakrawa ini mempunyai duakepentingan,Yaitusebagai penyedia bibit yang menjadi salah satu usaha ekonomi dan usaha melestarikan agar satwa ini tidak akan punah sampai kapanpun.

Penangkaran burung cucakrawa dari segi ekonomi mempunyai prospek yang cerah.Hal ini bisa dibuktikan bahwa para penghobi tidak sayang sayang mengeluarkan uangnya untuk membeli bebet cucakrawa.



     Burung cucakrawa mempunyai nama latin picnonotus zeylanicus atau nama bahasa jawa disebut cucakrawa.Di indonesia burung cucakrawa banyak di dapat di pulau sumatra,nias,Kalimantan,Dan pulau jawa.Cucak rawa mempunyai ciri-ciri panjang tubuh 20-29 cm,bagian kepala berwarnacokelat ,dan bagian dagu berwarna putih.punggung berwarna cokelat bergaris garis putih,dada berwarna abu-abu bergaris putih,ekor berwarna cokelat kehijau-hijauan dan mata berwarna kemerah-merahan.Pruh berwarna cokelat dan kaki berwarna cokelat tua.

   Cucakrawa salah satu burung kicauan yang sulit dibedakan antara jantan dan betima karena keduanya memilikai kesamaan bulu dan ukuran tubuh yang sama. Namun ,bagi penggemar cucakrawa tidak menjadi halangan utukmengetahui jenis jantan dan betina.


image source : trendburung.blogspot.com
(bsr)

Post a comment Blogger

  1. Burung cucak rowo ini mulai punah yah mas,sekalipun ada harga nya pasti tinggi sekali.thanks mas info nya.

    ReplyDelete

 
Top