Adat :Mengenal apa itu TingkebanTingkeban : indonesia terkenal dengan budayanya yang banyak bermacam macam suku juga terdapat di negara kita ini. Termasuk salah satu budaya tingkepan ,apakah itu tingkepan?
Tingkeban atau tingkeb adalah salah satu adat suku jawa ,yang di lakukan oleh perempuan yang sedang mengandung bayi 7 bulan atau lebih di kenal dengan nama tujuh bulanan. Biasanya dalam tingkeban dilakukan beberapa ritual adat seperti mandi kembang 7 rupa,membelah kelapa muda(kelapa gading) yang ukir dengan gambar wayang tokoh yang di gambar adalah janoko dan srikandi,ritual ini sering di lakukan untuk memprediksikan si jabang bayi yang di kandung laki laki atau perempuan.
Adat :Mengenal apa itu TingkebanPembelahan kelapa ini dilakukan oleh suami dari istri yang mengandung, apa bila condong atau posisi belahan ini pada gambar janoko maka anak di perkirakan laki laki,dan apa bila kearah srikandi maka anak yang dikandung di perkirakan perempuan.

Tradisi tingkeban ini juga sering disebut dengan mitoni yang artinya miton dari kata pitu artinya tujuh.upacara tradisional selamatan yang dilakukan terhadap bayi yang masih dikandungan.tradisi ini sudah ada sejak jaman kerajaan prabu jayabaya.sebelum proses upacara adat biasnya da acara ujub ujub atau dalam arti lain ngujutke yang bermaksud menyampaikan beberapa hal dalam hal ini adalah tasyakuran bahwa telah ada si jabang bayi yang berumur 7 bulan semoga di berikan keselamatan dalam menjalani proses di dalam kandungan sampai keluar nanti.


Batas tujuh bulan sebenarnya ini merupakan simbol budi pekerti supaya dalam hubungan suami istri berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan atau pun rintangan agar anak yang akan lahir berjalan baik. ada istilah lain yaitu metuk yang artinya menjemput itu dilakukan sebelum usia kandungan berumur tujuh bulan sering di sebut orang jawa tengah dengan KEBO . ini menujukkan bahwa sikap hati hati orang jawa yang menjalankan kewajiban dengan luhur Oleh sebab itu bayi yang masih berumur tujuh bulan dilakukan secara hati hati atau prihatin.


Biasanya juga dilakukan tasyakuran atau di kenal dengan nama bancak an. Berbagai sajian yang di suguhkan pun sangat beragam mulai dari ingkung panggang,kupat,dan suguhan lainnya tanpa tertinggal rujak. dan ritual lainya adalah tradisi gertakan yang dilakukan pada saat berkumpulnya para tamu undangan yang ada di mana pada saat itu suami atau bapak dari si jabang bayi itu mengambil makanan akan di sorak atau di gertak di usir oleh tamu namun ini cuma ritual adat lo. Setelah itu melakukan mandi dengan kembang 7 rupa di bimbing oleh sesepuh adat.


sedikit pengalaman sekelumit tulisan yang mungkin bisa menambah ilmu , namun itu semua tidak ada kaitanya dengan agama ini hanya adat biasa yang dilakukan oleh suku jawa. Dan maaf bila ada susuatu yang tidak saya sebut kan satu satu karna keterbatasan pengalaman saya di bidang adat isti adat ini. Dan bila berkenan silahkan tambahkan apa yang anda tau. Terima kasih.

Post a comment Blogger

  1. saya baru tau tradisi tujuh bulanan lengkap itu ada memakai kelapa muda gading,
    biasanya menghadiri acara cuma dalam bentuk syukuran aja.
    jadi nambah informasi.

    ReplyDelete
  2. Mupeng pengen segera tingkeban.. Doain ya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mbak smoga di beri berkah lancar semuanya...

      Delete
  3. Wah saya baru tau nih mas.. Padahal ortu jawa hehe

    ReplyDelete
  4. pake kelapa gading,,,, di desa saya sudah jarang mas,,,,
    cuma slametan aja,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo daerah jawa tengah biasanya gak ada tu tapi kalo jawa timur biasanya ada.. tp juga tergantung orangnya... mau pake ato gak..

      Delete
  5. sepertinya sudah jarang acara tingkepan dengan upacara selengkap itu ya mas, paling-paling cukup undangan dengan membacakan Al Qur'an surat-surat tertentu

    ReplyDelete

 
Top