Cara memelihara burung kicauan
Memelihara burung kicauan sebenarnya tidak begitu sulit seperti apa yang kita bayangkan,namun bagi pemula memang agak sulit karena dituntut kesabaran,keuletan serta kasih sayang terhadap burung peliharaannya. Beberapa cara perawatan burung kicauan atau burung dewasa.



1.Pemberian pakan
Pakan yang diberikan pada burung dewasa adalah pakan buatan pabrik yang berupa voer.Beberapa jenis voer yang diproduksi pabrik sangat bagus karena sudah di sesuaikan susunan jenis ransum. Waktu pembelian pakan jadi harus di ingat ,jangan sampai pakan tersebut sudah lama,atau sudah jamuran. Pakan yang sudah kadarluarsa (jamuran) merupakan tempat sumber bakteri yang mengganggu kesehatan burung.

Cara memelihara burung kicauanSetiap jenis burung kicauan mempunyai sifat dan kesukaan makanan yang berbeda beda. Dengan demikian untuk mengetahui burung tersebut menyukai salah satu jenis pakan buatan pabrik harus diamati setiap waktu pemberian pakan. Burung kicauan yang sudah menyukai salah satu pakan buatan pabrik jangan diganti ganti,karena hal ini akan mengakibatkan burung tidak mau makan dan stres.Burung kicauan ada yang menyukai makanan yang dari alam seperti buah pepaya dan pisang. Oleh karena itu, sewaktu waktu burung tersebut harus di sediakan buah buahan. Selain makanan buatan pabrik dan buah buahan ,burung kicau perlu makanan tambahan dari serangga seperti jangkrik,kroto,belalang,dan cacing. Pemberian pakan burung sebaiknya bervariasi agar terpenuhi kebutuhan gizinya.

2.Pemberian minum
Pemberian air minum burung kicuan dilakukan setiap hari dengan tujuan jangan sampai burung tersebut kehabisan air,lalu kita tidak kontrol. Air minum sebaiknya berasal dari air yang bersih dan sehat. Air minum yang kelihatan hijau atau tempat minum sudah lumutan perlu di ganti dan di cuci, karena tempat minum ini merupakan tempat berkembang biaknya bakteri.

3.Memandikan dan penjemuran
Untuk menjaga kesegaran tubuh burung kicauan ada yang perlu dimandikan dengan cara menyemprotkan air ke badan menggunakan alat hand sprayer. Beberapa jenis burung kicauan tidak perlu dimandikan dengan menyemprot, tetapi cukup menyediakan bak air, kemudian burung tersebut akan mandi sendiri.

4.Memotong kuku dan paruh
Untuk menjaga kesehatan serta memudahkan dalam bertengger,makan dan minum,perlu dilakukan pemotongan kuku dan paruh burung kicauan. Pemotongan kuku dan paruh dilakukan apabila sudah kelihatan panjang. Pemotongan kuku dilakukan jangan sampai mengenai atau melukai kulit daging. Alat yang di pakai untuk memotong bisa menggunakan gunting atau pisau yang tajam.

5.Menjaga kesehatan
Burung kicauan yang di pelihara harus di jaga dan di rawat dengan baik sehingga burung tersebut tidak mudah terserang penyakit. Burung merupakan salah satu jenis unggas sehingga penyakit yang menyerang terhadap burung sama juga pada unggas.



Beberapa cara memelihara burung berkicau atau kicauan silahkan di coba....!

Post a comment Blogger

  1. wah, saya kok tidak telaten memelihara burung, takut kalau gak keurus

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gak cucok klo blogger mah... mas joe ismail cocoknya ngeblog... baru cihui...

      Delete
  2. jadi pengen minta dibeliin burung ni

    ReplyDelete
  3. Hahah.. Jadi inget burung gereja yang hobi mandi di baskom kecil tempat menampung air hujan.. Ternyata karena burung itu suka mandi ya, Bang? Kirain karena dia kepanasan.. :D

    ReplyDelete
  4. Bukan mbak tadi malem abis mimpi basah.

    ReplyDelete
  5. Salam Takzim
    Hobbi yang satu ini perlu dana yang cukup ya bang
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  6. Memelihara burung memang di perlukan "ketelatenan"terimakasih tips nya mas

    ReplyDelete
  7. memelihara burung harus telaten ya kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas agus dan dwi alfina... sabar ngurusin nya...

      Delete
  8. Saya belum bisa memelihara burung gan

    ReplyDelete
  9. Sangat bermanfaat sekali mas sharing nya bagi kicau mania seperti saya.terimakasih yah mas.

    ReplyDelete
  10. banyak juga yang harus dilakukan yaaaa...

    ReplyDelete
  11. gw dulu meliharan burung pentet udah hampir 5 bulan eh kemakan sama kucing
    DANCOK

    ReplyDelete
  12. wah kebetulan nih sob, kakak saya lagi memelihara burung,,,

    ReplyDelete

 
Top