Harga sawit terutama pada TBS (tandan buah segar) sekarang memang mengalami kenaikan yang cukup tajam,di tinjau dari bulan lalu memang bisa dikatan  naik terus.Hal ini dipicu karena banyaknya permintaan CPO global dan di dorong adanya spekulasi adanya badai tropis EI.
Para importir memprediksikan bahwa kenaikan ini akan terus berlanjut tercatat dari hari selasa kemarin Di tutup naik 0,8% menjadi RM 2.829 ringgit per ton Untuk Harga di daerah merangin di kalangan penjual atau tengkulak berkisar antara Rp1.930 sampai Rp1.960.

Sungguh harga yang sangat mahal dan fantastis karena dari tahun 2005 sampai sekarang baru kali ini harga TBS mengalami kenaikan sampai segitu.

 Dengan adanya harga tbs yang semakin naik ini kini semakin rawan pencurian di lapangan banyak petani yang mengeluh tentang hal ini,karena mereka merasa dirugikan.sebagian dari desa menerapkan PERDES (peratusan desa) dimana apabila tertangkap dan terbukti mencuri TBS di lapangan atau di kebun maka akan di kenakan sanksi berat .sanksi yang di terapkan adalah sanksi adat denda uang.Nominalnya 1 janjang sawit di kenakan 10 juta.

nah itu lah beberapa informasi tentang dunia bisnis kelapa sawit daerah merangin tunggu update selanjutnya

Post a comment Blogger

 
Top