Kenapa harus 1300 watt? pertanyaan ini sering di lontarkan para warga merangin terutama di daerah hitam ulu. yang harus memasang KWH dengan teganan listrik minimal 1300 watt tidak tau alasan apa yang menjadi mereka tidak bisa memasang kurang dari 1300 watt seperti 900 kebawah.Sebenarnya tegangan untuk 1300 watt ini sangat mubazir digunakan hanya besar pada beban saja sedangkan penggunaan nya sebenarnya dengan meggunakan dibawah tegangan 1300 pun masih cukup.

Ketentuan ini berlaku untuk semua warga Gading jaya saya pun tidak tau kenapa harus segitu besar.penggunaan listrik yang masih sedikit rata rata warga menggunakan lampu pada malam hari itupun terbatas tidak semua sudut rumah di beri penerangan tidak seperti perkantoran ataupun lahan usaha yang menggunakan listrik terus menerus.Ini sangat memberatkan warga karena ini dinilai terlalu memaksa dengan mengharuskan pemasangan listrik diatas 1300 watt.

Adapun warga yang bisa menggunakan tegangan dibawah 1300 ini pun harus dengan syarat :
-Minimal juga 900 watt (Warga bisa mengambil tegangan minimal 900 watt ini adalah ketentuan utama yang ingin mengambil tegangan lebih kecil.)
-Warga miskin (Hanya diperbolehkan pada warga miskin.)
-Rumah tidak dinding ,berlantai beton/semen/keramik.(bisa mendapat tegangan 900 kalau kondisi rumah tak berlantai beton ataupun tembok.)

Nah itu salah satu solusi agar bisa mendapat teganan listrik 900 diwilayah gading jaya ini kususnya dan umum untuk di hitam ulu.menurut saya ini sangat tidak adil karena bersifat pemaksaan saya tidak tau ketentuan itu resmi dari PLN atau tidak setau saya sih tidak ada,namun apalah daya kata wong cilik.


Just opini

Post a comment Blogger

  1. Beberapa tahun terakhir ini saya memang mendengar dan mengalami sendiri untuk masalah tegangan beban listrik, Setiap rumah diwajibkan harus 1300W, Yang sebelumnya warga bisa memilih dengan mulai dari tegangan 450,900 dan seterusnya untuk kalangan bisnis atau perkantoran. Namun untuk perkantoranun saat ini harus 1300W, jika beban itu kurang maka, akan ditambah satu unit meterean lagi dengan Beban yang sama. DIkantor tempat saya bekerja ada 4 unit meteran Non Taglist dengan beban masing2 1300 Watt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya paling tidak 900 watt lah masa rumah biasa tanpa usaha harus segede itu karena itu masyarakat di daerah saya pada kelabakan yang bayar Listrik tia p bulan membengkak ampe 100 ke atas. itu pun hanya pemakaian biasa standar kalo malam paling lampu 5 buah + tv.

      Delete
  2. seharusnya dibiarkan masyarakat memilih sesuai dengan kemampuannya dan bukan model2 pemaksaan seperti itu

    ReplyDelete

 
Top