Gading jaya. Suku kubu adalah salah satu suku yang berasal dari jambi tepatnya di daerah bukit dua belas jambi. Tidak hanya di daerah itu saja suku kubu ini (biasa di sebut orang kubu) bisa di temui di daerah sekitar merangin jambi dan sekitarnya.Biasanya mereka hidup berkelompok dan biasa berpindah pindah dari tempat satu ketempat lainnya.kurang lebih satu bulan untuk berpindah pindah,kalau seandainya buruan sudah tidak banyak maka akan mencari tempat lainnya.

Sedangkan tenda yang digunakan nya biasanya suku kubu ini memakai terpal sebagai tempat untuk berteduh ataupun tidur sehari hari.caranya pun sederhana sekali hanya dengan menggunakan kayu yang di tata sejajar sebagai alasnya ,dan biasanya untuk membuat tempat tidur ini dilakukan oleh kaum perempuan untuk laki laki bertanggung jawab mencari nafkah dengan berburu di hutan.Babi adalah sasaran utama buruan mereka, namun babi tidak hanya untuk dimakan saja melainkan untuk dijual ke pengepul yang siap membelinya.

Image by : regional.kompasiana.com
Di era yang modern ini alat untuk memburu pun sudah semakin canggih,mereka sudah tidak lagi menggunakan tombak,jaring,ataupun perangkap lainnya melainkan menggunakan tembak rakitan biasa di sebut cepek.Cepek adalah alat atau senjata api rakitan laras panjang atau pun pendek.biasanya cepek ini menggunakan peluru dari potongan besi diameter sekitar jari kelingking. Modern bukan kebanyakan mereka pun sudah meninggalkan cara lama dan berburu dengan senjata api rakitan .Sepertinya tidak ada larangan penggunaan senjata api rakitan ini untuk suku kubu tidak tau alasan apa yang membiarkan mereka menggunakan secara bebas.

Selain itu mereka pun sudah banyak sekali yang menggunakan kendaraan bermotor akan tetapi tidak dilengkapi dengan surat surat yang syah.sepertinya mereka pun bebas mengendarai kendaraan ini tanpa ada kelengkapan satupun termasuk helm di jalan raya dengan menenteng senjata itu,banyangkan coba kalau kita apa yang terjadi? penjara menanti kita bukan?

Untuk komunikasinya pun mereka sudah banyak yang menggunakan Hand phone (hp) walaupun tidak mengerti akan tulisannya ,kebanyakan mereka ini memang buta huruf tidak banyak yang bisa membaca.hanya modal menghafal huruf dan keypad saja yang digunakannya untuk menggunakan telpon selular ini.

Hiburan yang mereka gunakan untuk mengisi waktu berkumpul pun sudah layaknya seperti masyarakat biasa mereka menggunakan televisi yang di bawa kemana mana,arus yang di gunakan adalah Genset berbahan bakar bensin.biasanya mereka berkumpul pada malam hari nonton tv bersama untuk mengisi kejenuhan.

Cara berpakaian pun sekarang sudah menirukan para artis ,rebonding semir,bedak dan bergincu.namun biasanya ini hanya untuk wanita yang belum punya pasangan.Nah buat kamu para cewek jangan sampai ketinggalan dong saa suku anak dalam ini.Akan tetapi dengan penampilan yang bisa di bilang wuah gitu tetap saja kubu ini memeliki aroma dan ciri tersendiri( aroma tak sedap tentunya).


Itulah beberapa kemodernan suku anak dalam (kubu) di jambi walaupun begitu mereka kan juga orang indonesia katanya sih mereka ini dulunya bekas tentara pada jaman perang dulu tapi saya tidak tau kepastianya.


(bha)

Post a comment Blogger

  1. masih ada ya sob di Jambi suku yang masih nomaden, meskipun pola hidup yang sebetulnya sudah moderen

    ReplyDelete
  2. betul mas salah satunya suku kubu ini nomaden banget kalau udah gak ada makanan maka dia akan berpindah ketempat lain..

    ReplyDelete
  3. masih ada juga ya yang begituan di era modern ini :)

    ReplyDelete
  4. Tingkat kemodernan sudah semakin meluas

    ReplyDelete
  5. ya, ikut seneng dengernya. semoga modernitas akan membawa dampak yang positif dan membantu mengembangkan budaya di sana.

    ReplyDelete
  6. Salam Takzim
    Izin share ya gan, buat komoditi budaya di rumah saya
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  7. Sudah semakin modern yah. teknologi sudah menyentuh kehidupan mereka. perlahan akan semakin maju peradapannya, semoga :)

    ReplyDelete

 
Top