Bahaya makan gorengan!Siapa yang tak kenal gorengan dan siapa yang belum pernah merasakannya, pasti semua orang khususnya penduduk indonesia sangat tak asing lagi dengan gorengan. Dan banyak sekali macam macam gorengan seperti goreng pisang, tempe mendoan,kentang, tela,sukun, bakwan,molen,dan masih banyak lagi.

Untuk pemasakannya tentu saja hanya di goreng dengan tambahan tepung terigu dan sedikit di bubuhi garam. Karena indonesia adalah negara tropis yang cocok ditanami berbagai tanaman maka sangat gampang sekali mencari bahan dasar, bisa di cari di mana saja yang bisa ditemui di pasar warung warung kecil menyediakan nya seperti tempe,tahu,kentang,tela dan lain lain.

Tak perlu susah payah membuat sendiri makanan ringan gorengan ini banyak sekali di jual di pinggir jalan, tempat ramai, depan mall atau di lapangan (alun-alun). Biasanya pada sore atau malam hari para penjual gorengan ini bisa di temui ,karena pada sore hari orang orang mulai tak ada kegiatan setelah bekerja sehingga banyak kemungkinan penjual akan laku.

Namun disini yang akan kita bahas adalah bahaya mengkonsumsi gorengan. Bisa di jabarkan lagi dalam arti terlalu sering makan gorengan bisa mengakibatkan penyakit, penyakit apakah itu?
Menurut penelitian Fred Hutchinson Cancer Research Center, AS mengkonsumsi makanan yang di goreng bisa menimbulkan terjadinya kanker prostat. Bukan berarti tidak boleh makan makanan gorengan akan tetapi cobalah untuk menghindari atau mengurangi makanan yang di goreng. Bahkan akibat keseringan ini kemungkinan besar 30-37 persen bisa memimbulkan Kanker Prostat yang sangat agresif. Konsumsi gorengan seminggu sekali termasuk dalam kategori sering.

Mungkin anda bertanya kenapa ini bisa terjadi? Pada saat menggoreng, minyak yang dipanaskan sampai suhu untuk menggoreng , ada senyawa beracun yang terbentuk karsinogenik dalam makanan gorengan tersebut termasuk senyawa acrylamide biasanya terdapat pada makanan yang mengandung karbohidrat. Penggunaan minyak yang berulang ulah tanpa menggantinya ini juga bisa memicu terjadinya kanker prostat.

Mungkin anda menyukai makanan ini bagaimana pendapat anda sekarang?

Post a comment Blogger

  1. wah ngeri juga yah mas kalau makan gorengan apalagi kalau minyaknya digunakan berulang-ulang bisa menimbulkan kanker, makasih infonya mas :)

    ReplyDelete
  2. Belom lagi resiko makan gorengan dari penjual yang nakal.. Misalnya minyak buat ngegoreng dimasukin beberapa lembar kantong kresek biar gorengan jadi renyah dan garing.. Bayangin masuk ke dalam tubuh kita apa ngga nyahok tuh ya, Bang :(

    ReplyDelete
  3. Waduh saya penggemar gorengan nich... mulai sekarang harus mulai dikurangi :)

    ReplyDelete
  4. Wow, seminggu sekali termasuk kategori sering ya soB. Padahal kebanyakan orang setiap hari pasti mengkonsumsi gorengan meski tidak banyak

    ReplyDelete
  5. sya penggila gorengan nih mas.. jadi ngeri banget nih.. hrus mulai ngurangin nih

    ReplyDelete
  6. mending olah sendiri dunk brarti y gan biar bsa terhindar dari efeknya:-)

    ReplyDelete
  7. gorengan ternyata bahaya banget, jadi takut makan nih

    ReplyDelete
  8. emang sih makan gorengan itu enak, tapi kalo keseringan malah gak enak di tenggorokan mas :)

    ReplyDelete
  9. Serem juga efek buruknya yah, mas. seminggu sekali masih tergolong sering yah?, huua. eh iyah, mengenai minyak itu yah. jadi harus merhatikan lokasinya juga. karena memang ada (maaf) penjual yang masih menggunakan minyak yang berulang, warnanya sampai kecoklatan, tapi masih dipakai.

    ReplyDelete
  10. saya juga suka ma gorengan, tapi kayaknya harus dikurangi nih sob :)

    ReplyDelete
  11. Bisa menyebabkan kanker juga ya ternyata, tapi untungnya ane jarang. Makan gorengan paling cuma pas mau buka buasa doang, di bulan biasa ane jarang makan gorengan.

    ReplyDelete

 
Top