Cara menanam daun sirih merah dengan pot / polybagSirih merah adalah tanaman yang tumbuh menjalar merambat. Biasanya tumbuh di daerah yang lembab dan teduh merambat pada pahon-pohon di sekitar , daun yang lebat dari pangkal tanah sampai ujungnya.Karena banyak yang mengatakan bahwa tanaman ini mempunyai khasiat yang sangat banyak maka sebagian orang menanamnya dengan cara sederhana seperti di pot , plastik (polybag)dsb.




Cara menanam sirih merah dengan pot.
Untuk anda yang ingin menanam tanaman daun sirih merah menggunakan pot atau wadah plastik (polybag) dengan cara penyetekan:

Caranya:
1.Siap kan tempat untuk pot yang sudah di isi pasir atau tanahdi campur dengan pupuk kompos Perbandingannya 1:1:1. Masukkan ke dalam pot atau polybag kira kira diameter 10 cm dimana polybag atau pot sudah ada lubang pada bagian bawahnya agar akar bisa leluasa tumbuh keluar.
2.Ambil batang yang sudah tua untuk ditanam.
3.Potong pada batangnya sisakan beberapa lembar daun agar cepat tumbuh.
4.Sebelum menanam rendam sekitar 20 menit agar tidak layu.
5.Tanam kedalam wadah yang sudah anda siapkan tadi.
6.Jangan lupa meletakkan di tempat yang teduh lembab dan usahakan terkena sinar matahari.
7.Siramlah secara teratur bila ada tanaman yang mengganggu atau rumput yang tumbuh disekitar silahkan dicabut.

Mungkin anda sudah mengetahui akan manfaat dari tanaman sirih merah ini. Salah satunya adalah bahwa tanaman sirih merah ini dipercaya dapat menyehatkan dan mengobati tubuh kita. Tak hanya itu beberapa fakta yang menyebutkan daun sirih merah mempunyai multy fungsi silahkan baca di artikel sebelumnya Berjuta manfaat daun sirih merah Berjuta manfaat daun sirih merah.

Namun di balik semua kelebihan itu tentu saja ada kelemahannya

1.Susah hidup
Ini terbukti beberapa hasil percobaan yang saya lakukan memang benar benar menguji kesabaran saya. 5 dari hasil percobaan hanya 1 yang berhasil bisa tumbuh subur, dan yang lainnya mati.

2.Tanaman bisa mati karena di curi daunnya.
Tak tau ini adalah sebuah mitos atau fakta namun berdasarkan hasil keterangan yang saya dapatkan dari masyarakat memang banyak yang mengatakan ini fakta. Jangan sampai ada orang yang mengambil daun sirih merah ini tanpa ada izin dari pemiliknya kalau ini terjadi maka tanaman akan mati. Percaya atau tidak anda bisa membuktikan sendiri.

Cara panen:
Syarat dan ciri-ciri daun sirih merah yang sudah siap di panen adalah
  1. Tanaman harus berumur lebih dari 4 bulan dari masa tanam
  2. Daun tidak kurang dari 20-30 lembar
  3. Daun harus berumur lebih dari 1 bulan untuk masa tuanya
  4. Tanda yang harus dilihat adalah warna daun yang mengkilap bersih.
  5. Daun yang baik biasanya beraroma tajam rasanya pahit.
Demikian semoga membantu Sebuah artikel untuk melengkapi blog saya semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.

(bhasyr)

Post a Comment Blogger

  1. Saya malah baru tau kalo ada mitos daun sirih merah ini...
    Btw tipsnya oke. sangt bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. manfaat nya apa ya nih daun sirih merah? kurang tau soalnya

    ReplyDelete
  3. yang saya tahu daun sirih doang, baru baca daun sirih yang merah heehe

    ReplyDelete
  4. Iya bener, taneman sirih merah ku langsung mati waktu ada orang yang nyuri daunnya.. :( Sampe sekarang susah buat ditanem lagi

    ReplyDelete
  5. luar biasa mas tips nya sangat lengkap untuk tanam daun sirih. kebetulan saya belum punya tananman daun sirih nih, bisa dicoba mas tips nya ;)

    ReplyDelete
  6. saya juga ada tuh di halaman. sirih hijau, kuning, merah sama hitam, nyampur. kompak.

    ReplyDelete
  7. kalau sudah punya bahannya langsung saya coba mas,, thanks sharenya

    ReplyDelete
  8. tempat buat naruh bunganya yang gk ada nih sob :D

    ReplyDelete
  9. Saya malah belum tau sirih merah itu yang seperti apa sih mas. Hehehe
    kalau pake pot berarti harus di kasih tempat untuk rambatanya donk mas.?

    ReplyDelete
  10. Terlepas dari kebenaran mitos itu sendiri dauh sirih merah bila di taruh di pinggir jalan dan banyak yang metik dengan ijin atau tanpa ijin, lama-lama ya habis sob, he,,, he,,, he,,,
    Apalagi sirih merah banyak manfaatnya. Dan langka dari pada sirih biasa.


    Salam

    ReplyDelete
  11. daun sirih emng punya banyak sekali manfaat bang diantaranya kalo ada orang mimisan hidupnya disumbat kape daun sirih , dikampung saya itu tanaman hidup liat menempel dipohon" ..
    ternyata bisa ditanem dipot juga ya , tapi presentasi keberhasilan nanem sirih dipot tu brapa persen bang ?

    ReplyDelete
  12. Saya mahu beli daun
    sirih merah
    DGN SEGERA


    ReplyDelete
  13. Kami dari Greenpack berharap lingkungan kita untuk tetap hijau. Meski sulit, tapi jika bersama tentunya akan terasa mudah bukan?
    Ayuk bersama menghijaukan lingkungan di sekitar kita. Bantu kami untuk mengubah kebiasaan pengusaha restoran untuk mulai menggunakan kemasan ramah lingkungan di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete

 
Top