Merangin jambi : Harga TBS april 2014 merangin jambi mulai turun Inilah yang terjadi setelah pemilihan legislatif yang dilaksanakan pada tanggal 9 april lalu ternyata petani pun merasakan dampak negatifnya. Harga TBS (tandan buah segar) di daerah merangin pun ikut mengalami penurunan yang sangat tajam. Memang pada bulan februari, Maret sempat mengalami kenaikan yang cukup menggembirakan bagi para petani sawit ini. Karena banyaknya pemesanan CPO export yang cukup banyak maka dari itu harga melambung naik. Namun hanya berjalan beberapa bulan saja.

Penurunan ini pun terjadi karena banyaknya buah yang ada , hasil panen yang mulai meningkat. Selain itu juga makin berkurangnya permintaan CPO keluar negri seperti india. Kalau dilihat dari harga sebelumnya adalah Rp1.910 per kilonya sekarang Rp1.810 perkilo harga tengkulak kisaran Rp1.630 sampai Rp1.680. Untuk harga tengkulak biasanya mereka mengambil untung antara Rp 150 per kilo  sampai Rp200 perkilo Ini juga tergantung umur dari sawit itu sendiri dan pengaruh pada lahan yang ada. Semakin jauh biasanya semakin murah.

Untuk bulan ini memang ada peningkatan jumlah panen, Dikarenakan adanya peningkatan curah hujan yang cukup sering dibandingkan bulan sebelumnya sehingga sawit mulai berbuah.Namun semua itu tergantung kondisi pohon dan perawatan yang ada.

Laporan. bhasyr

Post a comment Blogger

  1. Semoga Harga TBS bisa setabil lagi

    ReplyDelete
  2. SAma bang tempat saya juga turun ni... malah udah 1600

    ReplyDelete
  3. Sering hujan berarti di sana ya, Bang? Lah kok di sini terik terus ya.. Padahal sama-sama Sumatera. Ihik

    Moga harganya kembali standar deh, jangan sampe turun. Kasian yang punya ladang sawit :p

    ReplyDelete
  4. Wah kalau turun petaninya yang rugi donk :D

    ReplyDelete
  5. ternyata pemilihan legislatif berdampak juga pada harga TBS yah mas, semoga kembali stabil lagi harganya agar tidak merugikan para petani.

    ReplyDelete
  6. sawit dan juga komoditas lainnya memang selalu mengalami fluktuasi harga yang naik turun...hal ini lebih disebabkan karena kita tidak bisa menjaga kualitas mutu sesuai standar yang diterapkan oleh negara2 peng-import sawit....
    keep happy blogging always...salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
  7. karena ekonomi yang makin sulit sehingga harga barang pun terus meroket, kapan yang negara yang kita tinggali ini bisa stabil lagi keuangannya.

    ReplyDelete
  8. wah saya kira karen CPO begitu booming dan banyak di ekspor... kan tau sendiri kita eksportir CPO terbesar di dunia. malahan yang baca di koran-koran pangsa pasar dunia terus meningkat, eh ngga taunya ekspor berkurang, harga tbs jadi turun ya

    ReplyDelete
  9. Pasar ekonomi kadang memang aneh. banyak barang harga murah. petani yang selalu dirugikan.

    ReplyDelete
  10. Semoga harganya kembali normal kembali deh ya Sob.

    Salam

    ReplyDelete
  11. biasanya kalo hasil panen melimpah, dampaknya memang menurunkan harga jual..
    sukses buat petani sawit

    ReplyDelete
  12. ternyata untungnya cuma dikit ya... cuma 200/kg...
    padahal pabriknya ngambil untung banyak

    ReplyDelete

 
Top