Mengenal burung Hwa mei / wambayBurung hwa mei atau wambay sudah di kenal di kalangan penggemarnya , khususnya di pulau jawa dan bali.Hal yang demikian di karenakan paulau jawa dan bali merupakan pusat pengeemar burung berkicau. Burung hwa mei mempunyai postur tubuh yang kecil dan mempunyai warna cokelat tua. Hwa mei merupakan burung kicauan yang di impor dari negara cima. Para penggemarnya menyukai Hwa mei karena tidak henti hentinya menyuarakan kicauannya setiap saat. Penggemar Hwa mei tersebar secara menyeluruh dari pelosok sampai penjuru kota. Dikarenakan kicauannya yang indah dan cantik dikala kontes , maka banyak penghobi yang ingin memeliharanya. Keberadaan Hwa mei saat ini sulit untuk di dapat sebagai bakalanyang bagus untuk di pertandingkan dalam arena kontes.Hwa mei mempunyai ukuran panjang 21 CM ,warna yang tidak mencolok dan kurang bervariasi.Hampir di sekujur tubuhnya mempunyai warna cokelat, paruh hitam cokelat dan mata berwarna kuning serta bulatan hitam pada tengahnya.

Image by : trendburung.blogspot.com

Dialam bebas ,Hwa mei menyukai daerah daratan rendah bersemak,dekat dengan sumber air atau dirawa-rawa yang mempunyai air berlimpah.Hal tersebut karena Hwa mei sehari hari suka mandi.makanan kesukaan Hwa mei adalah serangga ,tetapi apabila hidup di hutan suka memakan buah buahan terutama pada musim hujan.Untuk menghindari bahaya Hwa mei suka melompat-lompat di semak dan tidak terbang terlalu jauh. Hwa mei melakukan perkembang biakan pada bilan desember sampai maret . Sebelum mulai bertelur,Hwa mei membuat sarang dengan ranting ranting ,daun kering dan rumput kering ditempat yang rendah,ranting pohon dan kandang kandang di akar bambu. Hwa mei meletakkan telurnya kesarang berjumlah 3-4butir. selama Hwa mei mengeram , maka  jantan menjaganya.


Kelebihan hwa mei
Para pengemar hwa mei sangan tetegun ketika menyaksikan hwa mei berkicau,mengoceh dan menampilkan gerakan-gerakan yang bagus di arena kontes. Banyak para penggemar ocehan yang menjadikan burung hwa mei sebagai maskot atau master. Kelebihan yang dimiliki hwa mei adalah

1.Suka menirukan suara lain

Hwa mei adalah salah satu jenis burung kicauan yang pandai menirukan suara burung lain. Dari beberapa suara burung lain bisa direkam sehingga menjadikan hwa mei lincah dalam mengeluarkan suara burung lain. Para pecinta burung kicauan menilai hwa mei tidak berhasil kalau burung tersebut belum bisa menirukan suara burung lain. Suara suara tiruan tersebut biasanya dikicaukan saat sendirian.
Dikarenakan kemampuan hwa mei menirukan suara burung lain sangat tinggi maka sebaiknya sewaktu menggantung di tempatkan bersebelahan dengan burung yang mempunyai kualitas bagus.


2.kemampuan berkicau sangat baik.

Hwa mei yang sudah jadi terbentuk  mempunyai suara yang tajam bervariasi serta tidak henti hentinya waktu berkicau.Selain mempunyai suara yang bervariasi , ketika Hwa mei berkicau sulit untuk dibendung , apalagi ketika kontes melawan tandingannya mempunyai suara yang baik. Di karenakan mempunyai suara yang keras dan tajam, maka para penggemarnya memberikan nama burung tempur. Sewaktu dalam kontes ,para penggemar Hwa mei merasa was was dikarenakan burung tersebut burung tersebut mempunyai sifat menurunkan mental lawannya.


3.Berkicau sambil bergaya

Melatih Hwa mei sebaiknya dari kecil sehingga akan terbentuk suara dan gaya kicauan yang sempurna.Gaya berkicau mulai timbul semenjak dari kecil dan setiap Hwa mei belum tentu bisa. Hwa mei yang sudah mempunyai cirri khas dalam berkicau , yaitu menggetarkan bulu sayapnya . Getaran akan Nampak jelas ketika ekornya mulai mekar ( dikembangkan) seperti kipas.
Hwa mei yang sudah terlatih dan bisa bergaya memekarkan ekor nya seperti kipas ,akan mempunyai nama tersendiri yang di berikan oleh para penggemarnya dengan memberikan penilaian yang berkualitas. Indahnya kicauan serta di barengi gaya yang lincah, sebenarnya merupakan gaya tarik tersendiri untuk mendekat pada hwa mei betina. Dialam bebas setelah hwa mei menampilkan kebolehannya berkicau sambil bergaya maka sang betina segera akan datang dan menghampirinya. Penampilan ini biasanya terjadi pada bulan desember, yaitu pada masa masa perkawinan.


Kelemahan hwa mei
Setiap jenis burung berkicau baik lokal maupun impor mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing . Kelemahan kelemahan yang dimiliki  Hwa mei di antaranya.

1.Sulit di jinakan

Penggemar Hwa mei merasa kesulitan sewaktu menjinakan burung yang satu ini. Hal yang demikian bisa di maklumi oleh para penggemarnya karena burung ini mempunyai ke kelincahan yang luar biasa. Bagi pemula hal ini merupakan salah satu tantangan yang berat untuk menjinakkan. Hwa mei bakalan yang usianya relatif dewasa akan lama untuk jinak. Para penggemar biasanya melakukan seperti ini sampa enam bulan tanpa merusak fisik dan suara.
Para penggemar merasa kesulitan menjinakkan Hwa mei karena liarnya bahkan lebih fatal lagi apabila dalam menjinakkan sampai membuat Hwa mei cacat fisik mental yang akan membuat penggemarnya merasa kecewa.

2.Mudah turun mental

Turun mental sebenarnya bisa terjadi pada setiap jenis burung kicauan, turun mental terjadi karena merasa takut atau kalah sama lawan lain. Hwa mei dikatakan turun mental karena tidak mau berkicau di waktu sedang kontes atau berlatih. Apabila hal ini terjadi pada Hwa mei dan tidak segera dilakukan penanganan akan mengakibatkan burung tersebut cacat Hwa mei yang mengalami turun mental akan sulit diperbaiki , biasanya burung tersebut akan mengalami ketakutan bila melihat dan mendengar suara burung berkicau. Para penggemarnya akan merasa kecewa sekali bila seperti ini terjadi. Dengan demikian ,diharapkan penghobi Hwa mei tidak boleh memaksakan ke hendak di waktu burung tersebut belum siap.

Post a comment Blogger

  1. Kicauannya kayak apa yah ni burung.... Saya belum pernah denger, hehe....

    ReplyDelete
  2. burung yang satu ini memang banyak dicari dan sudah sebar luas di dunia, selain suara merdu dan yang lebih hebat lagi kicauannya sering terdengar. tapi harganya juga tergolong unik

    ReplyDelete
  3. kayanya kurang bagus buat dipelihara, susah dijinakan :p
    nice share gan :)

    ReplyDelete
  4. hwa mei merupakan burung kicau yang paling banyak dicari oleh penghobynya,soal harga bukan masalah untuk mereka,tapi kepuasanlah yang mereka inginkan dari burung yang satu ini,wah luarbiasa yah Sob hehehe

    ReplyDelete
  5. burung oh burung....
    nama burungnya cantik,kaya nama gadis korea :D

    ReplyDelete
  6. keren nih dengan kicauanya yang bisa menirukan suara lain, tapi kita harus ingat untuk menjaga dan melestarikan burung tersebut agar besok anak cucu kita masih bisa melihat tu burung

    ReplyDelete
  7. Kayaknya ini burung sering bikin sarang di belakang rumah ku, Bang.. Cuitannya memang lucu.. Ngga nyangka kalo banyak dicari sama orang-orang penyuka burung.. Mudah-mudahan ngga ketahuan deh tempatnya, biar ngga punah :D

    ReplyDelete
  8. saya baru tau bang spesies burung ini -_-
    harga jualnya pasti mahal banget ya ??bisa saya rekomendasikan ni sama pak dhe saya biar dia juga punya itu burung buat tambahan koleksinya :)

    ReplyDelete

 
Top