Ayam kedu-Ayam ini banyak di pelihara di daerah keresidenan kedu , dan ayam ini berasal dari jawa tengah. Ayam ini berdasarkan warna bulunya dibagi atas dua jenis yaitu ayam kedu hitam dan ayam kedu putih.Ayam kedu hitamdi kenal dengan sebagai ayam cemani dan juga dikenal sebagai ayam yang mempunyai kekuatan sakral dan begitu pula dengan ayam kedu putih.

Sehingga ayam ini mempunyai harga relatif mahal, biasanya harga juga tergantung pada tingkat kepentingan dan kepercayaan si pembeli.Ayam kedu ini juga di pelihara sesuai dengan tujuan peternak dapat di bedakan atas tiga jenis :

Image by : http://temanggungkab.go.id/images/beritafoto/cemanikedu444_1.jpg
  1. Ayam kedu petelur
    -
    Ciri-ciri khas ayam kedu Petelur.
    1. Kepala panjang dan rata.
    2. Punggung rata dan agak miring kearah ekor, jantan mempunyai bulu ekor melengkung keatas kemudian kebawah.
    3. Perut besar ,lebar dan dalam.
    4. Dada sempit ,sayapkuat,rta,agak sedikit miring kebelakang.
    5. Paruh ,lidah langit-langit , berwarna putih.
    6. Kaki panjang berdaging tebal dan mempunyai kulit agak halus. Untuk ayam kedu hitam kaki berwarna hitam,sedangkan kedu putih kaki, jari kaki dan telapak kaki berwarna putih.
    7. Jengger berbentuk tunggal , ukuran sedang ,pada betina jengger bergerigi 6-9 buah ,dan jantan bergerigi 5-7 buah.
    8. Besar tubuhnya kecil ,betina umur 2 tahun sekitar 1,5 - 2 kg Sedangkan yang jantannya mencapai 2-2,5kg.
    9. Produksi telur ayam kedu hitam lebih baik dari pada ayam kedu putih.
    10. Ayam kedu hitam yang di pelihara secara intensif produksi telurnya bisa mencapai rata-rata215 butir telur /tahun ,puncak produksi 75 %,bertelur mulai umur 138 hari , berat telur 43-45 gram. Untuk ayam kedu putih produksi telur rata0rata 197 butir/ tahun ,puncak produksi 72 % mulai produksi 170 hari.
    11. Konsumsi pakan ayam cemani ini dewasa 93 gram.

  2. Ayam kedu dwiguna atau ayam kedu petelur
  3. -Ciri-ciri ayam kedu Dwiguna
    1. Kepala panjang dan rata ,leher pendek dari ayam kedu petelur ,mempunyai bulu yang lebat.
    2. punggung rata dan agak miring kesamping ,pada yan yanjan bulu ekornya melengkung keatas kemudian melengkung kebawah, terkenal dengan bulu hias
    3. Perut besar ,agak buncit,dan lebar.
    4. Dada lebar sayap kuat sayap rata dan sedikit miring kebelakang.
    5. Kaki pendek berdaging tebal dan kulit agak halus.
    6. Jengger berbentuk tuggal, sedang yang betina bergerigi 6-7 buah dan jantan mempunyai gerigi 5-7 buah, dan semakin besar badannya maka jengger akan terkulai kesamping.
    7. Berat badan betina pada umur 2 tahun 2-2,5 kg dan ayam jantan mempunyai berat mencapai 3-3,5 kg.
    8. Mulai produksi berumur 6 bulan.

  4. Ayam kedu sabungan
    -Ciri-ciri ayam kedu Sabungan
    1. Kepala pendek ,bundar ,tengkoraknya lebar leher tidak berbulu tebal ,mata terlihat galak , mempunyai sifat pemberani.
    2. mempunyai tubuh miring kebelakang sehingga berdiri kokoh dan tegak serta tubuh bagian depan lebih panjang dari pada belakang.
    3. Ekor tidak terangkat tinggi dan tidak mempunyai bulu kipas bawah.
    4. Dada lebar dan besar mempunyai daging yang tebal.
    5. Mempunyai sayap sangat kuat dan kokoh, Bulu keras.
    6. Perut sempit ,tipis dan tidak begitu besar
    7. Kaki letak agak berjauhan, berdiri kokoh dan kuat ,serta mempunyai daging paha yang tebal.
    8. Mempunyai bobot badan untuk betina umur 2 tahun 2,5 kg dan jantan bisa mencapai 3-3,5 kg.

    Beberapa penjelasan dan ciri ciri dari ayam kedu silahkan di komentar apabila belum jelas...

Post a comment Blogger

  1. pertamax, terima kasih infonya jadi lebih tau tentang nih ayam

    ReplyDelete
  2. Ini ayam yang diminta tetangga Pakde ku, Bang.. Sampe nangis-nangis dia mintanya, katanya sih buat orang sakit. Jadi ya dikasih aja, orang ayamnya ngga dibeli juga, emang dari telor dipiara sama Pakde ku. Aku curiganya malah dijual deh. Harganya berapaan yak kira-kira, Bang?

    ReplyDelete
  3. yang buat aku kaget itu ayam di belakang rumah aku soal nya dia ketawa nya kaya kuntilanak kan jadi kaget @-)

    ReplyDelete

 
Top