Gading jaya - Peringatan hari kartini yang di adakan pada 21 april tadi di meriahkan dengan berbagai kegiatan oleh masyarakat desa Gading jaya spe di balai desa setempat. Acara yang di ikuti oleh terutama para ibu ibu pkk ini sangat semangat mengikuti berbagai kegiatan.Diantaranya perlombaan perlombaan yang menarik seperti makan kerupuk , joget balon,sepak bola, lomba balap karung dan lain lain. Dan sayang sekali saya tidak dapat mengabadikan melalui foto.

Sementara di hari kedua yang tepat pada hari ini 21 april dimeriahkan para seniman seniman grup jaranan dari desa Gading jaya sendiri. Kegiatan ini sangat menarik sekali karena inilah bentuk kecintaan penghormatan  kita kepada ibu kartini. Pertunjukan yang sangat ramai karena para penduduk masyarakat berduyun duyun menyaksikan seni jaranan dan atraksi lainnya.



Pertunjukan kuda lumping ini di meriahkan oleh para penari versi anak anak Dimana ada dua versi yaitu anak anak dan dewasa.dengan personil yang berbeda pula. Krido turonggo jati adalah nama kelompok jaranan dari desa gading jaya spe hitam ulu kecamatan tabir selatan merangin jambi.

Selain itu dampak positif dari peringatan ini pun dirasakan para pedagang jalanan yang berada di sekitarnya. Ramainya penonton pun memberikan pengaruh berjualan sehingga laris manis.Beberapa pedagang tampak semangat sambil menikmati hiburan peringatan hari ibu kartini.


Semoga kegiatan ini selalu aktif di adakan setiap ada peringatan hari hari bersejarah di indonesia. Dan semoga ini menjadikan contoh dari salah satu bentuk kecintaan masyarakat terhadap pahlawan indonesia lebih ditingkatkan. Walaupun kami dari penduduk desa namun ini tak menjadi penghalang , tetap semangat.


(bsr)

Post a comment Blogger

  1. Ditempat saya malah gk pernah ada acara kalau hari kartini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh gimana sih ibu ibunya di gerakin dung.... biar rame...

      Delete
  2. Unik ya.. Kalo di sini ngga ada acara apa-apa, Bang. Sunyi senyap aja gitu.. :(

    ReplyDelete
  3. Wah Meriah sekali acara .. ngga kaya di desa saya .. tidak meriah seperti di gading jaya :)

    ReplyDelete
  4. perlu dilestarikan nih budaya jangan sampai tertelan zaman

    ReplyDelete
  5. sebuah kehormatan yang berharga mas.

    ReplyDelete
  6. itu sudah menjadi kegiatan rutin saat hari kartini ya bang ?
    didepok sunyi senyap gan nggak ada lomba apapun :(

    ReplyDelete

 
Top