Berbagai budaya dan seni yang ada di indonesia sudah tak terhitung banyaknya. Ini karena indonesia mempunyai wilayah yang luas sehingga bermacam macam suku pun ada di indonesia. Penyebaran seni budaya pun sudah tidak memandang daerah ini sebagai bentuk pelestarian seni dan budaya yang harus di pertahankan.


Topeng ireng adalah salah satu seni tari yang berasal dari daerah jawa tengah. Biasanya penari terdiri dari 10 sampai 30 atau lebih untuk menari secara bersamaan. Jenis kostum yang di pakaian menyerupai Apace atau di indonesia lebih dikenal dandanan seperti suku dayak namun dengan terjadinya perkembangan jaman modifikasi kostum pun sudah beragam dan berbeda beda.

Jenis musik yang digunakan terdiri dari gamelan,gendang, bedung kusus,dan beberapa alat musik pendukung lainnya seperti organ tunggal guitar dsb. Karena jenis lagu yang dinyanyikan bernuansa islami maka bermacam aliran musik pun mengiringi tarian, ini dimaksudkan agar penonton tak merasa jenuh.

Berbagai jenis atraksi juga mewarnai pertunjukan seni tari topeng ireng yang tak jauh beda dengan kuda lumping. Diantaranya dengan menampilkan barongan atau berbagai jenis topeng seperti monyet,harimau,babi ,dsb. Dan tak ketinggalan pula jenis atraksi kesurupan yang biasa di sebut mendem. Mendem atau mabok yang dimaksud adalah dimana para penari,pemain ,atau bahkan penonton di masuki roh untuk di pinjam raganya dan menampilkan berbagai atraksi seperti, makan api, kaca,silet, dan lain lain namun tidak melukai raga si pemain.

Tak hanya  harus berasal dari daerah itu untuk dapat ikut melestarikannya ,namun siapa dan dimana saja kita bisa melakukannya. Seperti di daerah sumatra sudah banyak sekali seni budaya yang berasal dari daerah lain di lestarikan di sini. Seperti kuda lumping, reog ponorogo,wayang kulit, campursari, Tari topeng ireng dan masih banyak lagi. Contoh kecil di daerah jambi ds sinar gading hitam ulu,  yang mencoba membuat suatu group seni tari "Topeng ireng sinar rimba".

Salah satu pertujukan mereka yang di lakukan oleh para pemain musik dan penari beberapa minggu yang lalu. Inilah bentuk kencintaan seni seni untuk ikut melestarikan yang mayoritas di jambi adalah penduduk melayu.

Post a comment Blogger

  1. Kereeen.. Jadi pengen liat pertunjukannya langsung ^^

    ReplyDelete
  2. Indonesia tercinta kaya sekaliiii. bagian pertunjukan Mendemnya saya agak takut, hihi. pernah nyaksikan gituan di sini, nontonya maju mundur. takut diuber :D

    ReplyDelete
  3. mantap informasinya :D hehehe

    ReplyDelete
  4. Indonesia memang kaya beragam seni dan tradisi yang di lahirkan oleh para pelaku seninya ya.... semoga bisa berkembang dan terlestarikan di sana.

    Salam

    ReplyDelete
  5. seni budaya indonesia memang tiada duanya di seluruh dunia ini, begitu banyak budaya yang mempunyai seni yang unik seperti tari topeng ireng ini. lestarikan terus budaya indonesia dan jangan sampai di ambil oleh negara lain lagi :)

    ReplyDelete
  6. Kepengen liat nih tari Topeng irengnya teman, ada link videonya?

    ReplyDelete
  7. ane dari Jateng, tapi baru denger ada Topeng ireng.
    kalo kuda lumping ane sih masih sering lihat, apalagi saat makan, piring, gelar, api, bikin demen liatnya.

    ReplyDelete
  8. indonesia memang kaya akan budaya, dari tari ireng ini, dan yang paling saya suka itu kuda kepang yang pemainnya mabuk-mabuk kayak kesurupan..indah indonesiaku ini

    ReplyDelete
  9. kesenian ini asli warisan dari nenek moyang atau pengembangan sendiri mas

    ReplyDelete
  10. Cinta budaya Bangsa neh ceritanya.....

    ReplyDelete
  11. memang indonesia banyak kekayaaan tradisional :)

    ReplyDelete
  12. seni tari topeng, mantap
    lw dari padang tari piring atau apa ya

    ReplyDelete
  13. luar biasa ya tradisi nya, harus dilestarikan tuh ;)

    ReplyDelete
  14. bagus mas informasinya tentang seni tari toping ireng. lam kenal :D

    ReplyDelete
  15. When you use a genuine service, you will be able to provide instructions, share materials and choose the formatting style. sbobet mobile

    ReplyDelete

 
Top