Ulat bulu menyerang daun kelapa sawit
Ulat bulu menyerang daun kelapa sawitPetani di resah kan dengan adanya serangan ulat bulu pada daun kelapa sawit. Jumlah yang sangat banyak sekali sehingga membuat daun habis di malam ulat. Dalam satu pohon ulat bulu ini bisa mencapai ratusan bahkan ribuan ekor ,sehingga dalam waktu yang sangat singkat semua daun akan habis.warga khawatir sehinga hasil produksi akan turun apalagi harga TBS sekarang semakin turun harganya.
Image : mbahware.blogspot.com
Populasi ulat bulu ini sangat pesat sekali dalam satu kavling kebun sawit (2 heltar) bisa menyebar rata dalam hitungan minggu. Maka dari itu keberadaan ulat bulu ini sangat meresahkan petani. Bentuk dari ulat bulu ini memanjang kecil sekitar satu sampai 3 cm dengan bulu bulunya. Apa bila terkena kulit maka akan terasa gatal dan rasanya sangat sakit seperti terkena panas api.

Ulat bulu menyerang daun kelapa sawit

-Dampak yang akan terjadi
Akibat dari serangan ulat bulu ini biasanya pohon akan mengalami kurus pada daunnya dan ini bisa mengakibatkan buah berkurang dan bisa juga mengakibatkan kematian pada pohon sawit. Hasil produksi akan menurun dengan buah yang sedikit.

-Cara mengatasi atau membasmi.
Ulat bulu ini dapat di basmi dengan obat yang biasa di gunakan oleh para pekebun sayur. Adapun cara nya adalah dengan menyemprotkan ke daun nya langsung. Namun ada cara yang lebih praktis lagi adalah dengan cara pengasapan seperti pembasmian pada nyamuk. Namun yang perlu di perhatikan adalah cara dan waktu , dimana pengasapan harus dilakukan pada saat malam hari dengan cuaca yang cerah dengan maksud agar asap tidak lari jauh terbawa oleh arah angin. Bila dilakukan pada siang hari maka akan sia sia saja ,sebab arah asas akan langsung hilang terbawa angin. pengasapan dilakukan dengan mengarahkan ke atas pada bagian daun lakukan dengan berjalan diantara dua pohon atau satu jalur saja. Obat yang biasa di gunakan adalah MATADOR obat ini di gunakan untuk membasmi hama seperti walang ,ulat,lembing,dsb.
Selain itu anda juga bisa menggunakan obat lainnya.


(bsr)

Post a comment Blogger

  1. Wah Hama ulat bulu emang bikin rugi ... Semoga cepat hilang hamanya

    ReplyDelete
  2. pohon jambu di halaman rumah saya juga banyak ulatnya >.< bikin sebel..

    ReplyDelete
  3. Susah juga ya Bang, soalnya kan pohon kelapa sawit itu lumayan rindang. Ulet bulu suka deh ngemilin daonnya..

    Tapi kalo di rumah selalu aku biarin, kan jadi kupu-kupu :p

    ReplyDelete
  4. semoga cepat teratasi wabah ini agar tidak merugikan banyak petani

    ReplyDelete
  5. sepertinya sangat meresahkan ya hama yang satu ini.

    ReplyDelete
  6. paling geli sama yang namanya ulet bulu. hiiiiii.....

    ReplyDelete
  7. Semoga cepat di atasi tuh sob, biar kelapa saeit cepat panen :)

    ReplyDelete
  8. ooh...ya Allah, subhanallah...hama ulat ini sangat ganas ternyata ya kang, hewan kecil yang sepertinya tidak berdaya ternyata sungguh dahsyat serangannya pada daun kelapa sawit.
    moga para petani diberikan kesabaran menghadapinya

    ReplyDelete
  9. Lihatnya aja udah bikin Saya gatal apalagi ini wabah ulat bulut. Semoga wabah ini segera teratasi. Kayaknya burung di daerah tersebut udah ilang kali ya :D

    ReplyDelete
  10. di daerah mana itu ya? bahaya kalo ulat bulu, bikin bada gatal2.
    kalo daerah q, padi malah diserang hawa tikus. hihih...

    ReplyDelete
  11. aku malah belum pernah melihat yg namanya pohon kelapa sawit gan
    kayaknya ulatnya berjenis sama dengan ulat pohon kelapa biasa

    ReplyDelete
  12. ada penanganan khusus nggak bang buat ngatasi tu hama ulat bulu ??sayng tu klo sampe daun klapa sawitnya habis gara" dimakan ulat bulu , nanti hasil panen klapa sawitnya turun lagi ..

    ReplyDelete

 
Top