Awas dan waspadalah  banyak ranjau , perampok di muara rupitIndonesia meupakan negara yang mempunyai kebiasaan Unik yaitu mudik yang tak lain artinya pulang ke udik menuju tanah kelahiran atau hanya sekedar bersilaturahmi bersama sanak saudara di kampung halaman. Kebiasaan ini biasanya dilakukan pada saat hari hari besar, libur panjang dan lainnya. dan kegiatan ini sepertinya sudah menjadi budaya dan kebiasaan di setiap tahunnya. Hal inilah yang akan menjadi kepadatan arus kendaraan di lalu lintas.

Image source : platmerah.co.id

Muara rupit adalah salah satu daerah yang dilalui lintas sumatera dan biasanya pemudik akan melalui jalur ini. Memang dari dulu daerah ini di sebut dan di klaim sebagai daerah paling rawan kejahatan terutama untuk para pengendara mobil , ataupun motor. Berbagai cara pun dilakukan oleh para penjahat seperti menghadang pada kendaraan secara langsung , memasang ranjau paku, memasang penghalang pohon yang di tebang ke arah jalan dan sebagainya.Kalau anda berjalan dari Utara atau tepatnya dari jambi daerah ini setelah Singkut dan bila anda berjalan dari selatan berada setelah lubuk linggau.

Maka disini saya menghimbau untuk para pengendara motor maupun mobil untuk selalu waspada bila anda melalui daerah ini baik siang ataupun malam. Kalau anda berkendara di malam hari sebaiknya urungkan niat anda untuk melalui daerah ini apa bila tak ada jaminan seperti membawa senjata atau teman. Jangankan sebuah mobil pribadi bus pun mereka tak segan segan menghadang, makanya untuk para sopir bus sebagian besar sudah mengetahui akan kerawanan daerah Muara rupit ini.

Tips Aman :
  1. Jangan berkendara di atas jam 7 malam Untuk penendara motor bila kiranya sudah petang Ini akan beresiko besar sekali.
  2. Untuk mobil hindari berkendara pada tengah malam, kecuali anda membawa banyak orang atau beberapa mobil/ konvoi, sebaiknya carilah mobil untuk melintas bersama sama.
  3. Untuk para pengemudi motor bila anda berkendara di siang hari Sebaiknya jangan memakai Helm, baju rapi, atau tas yang sepertinya mereka bisa menebak bahwa anda bukan penduduk setempat. Maksud saya jangan gunakan helm adalah agar mereka mengira anda adalah penduduk sekitar.
  4. Hindari berhenti dimanapun itu, baik di warung, di jalan dsb selagi anda di daerah ini, karena mereka ada dimana mana. Kebanyakan di pinggir jalan ada yang menjajakan oleh oleh seperti durian, duku,manggis dan sebagainya, tetap jangan sampai anda membelinya.
  5. Untuk anda yang terkena ranjau hindari berhenti langsung dengan mengecek, apa bila anda sudah tau berada di daerah itu dan ban kempes silahkan tancap gas saja melaju dengan kencang dan hati hati ingat jangan sampai berhenti.
  6. Pastikan anda menpunyai mental untuk melawan bila sudah kepepet.

Masih banyak lagi tips yang tak bisa saya sebutkan anda sendiri tentunya bisa memahami dan mengantisipasinya, ingat kejahatan ada dimana mana selalu waspada. Saya pun heran kenapa daerah ini dari dulu sampai sekarang masih terjadi kejahatan, perampokan ,begal,dan sebagainya Apa aparat TIDAK BISA MEMBASMI atau sudah ?????? .


Bhasyr


Post a comment Blogger

  1. kesini-kesini harus lebih waspada ya mas karena modus kejahatan semakin banyak saja :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak Elsawati Dewi ngeri saya .... besok mau keluar kota lewat situ ....

      Delete
    2. Itu arti nya daerah tersebut berkembang maju

      Delete
    3. Betul sekali tuh mbak.. bnyk modus yg d pake sperti Ranjau paku, ban bekas, pohon, tali tambang, minta tolong, dan sbg Petani rumput

      Delete
  2. Tapi susah juga kalo ngga pake helm Bang, bahaya banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang cenderung lebih bahaya untuk kecelakaannya tp ini urusan keamanan di untuk kejahatan mbak.

      Delete
    2. Gak juga sih. kalo lewat sana tanpa helm, santai2 aja dan jgn ngebut2 krn bisa trjadi kcelakaan..

      Delete
  3. Mending nyerah kalau saya daripada melawan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bnr tuh mas, dri pd nyawa taruhan nya. Lebih baik motor yg hilang, kan bisa d proses dan d beli lgi

      Delete
  4. wuah tingkat keamanan daerah Muara Rupit ini sangat genting ya, masa baru jam 7 malam saja sudah mengerikan gituh ya...kemana para aparatnya atuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aparat keamanan nya gak berani sama warga muara rupit, takut d hakimi dan d bakar lgi kantor nya

      Delete
  5. Muara Rupit rawan banget yah,jam 7 malam saja sudah tidak aman,,,PR nih buat kepolisian setempat,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepolisian setempat udah gak berani lgi sama warga. cuma d Muara Rupit aja warga berani Sweeping Aparat Kepolisian, d tempat2 lain gak berani !!

      Delete
  6. Berbahaya sekali ya, niat mudik malah apes
    Harus bawa2 alat self defense tu, soalnya udah komplotan, nyebar dimana mana lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.. itu semua tergantung nasib kita masing2.. kalo bawa alat self defense, bisa terkena Razia polisi.. benar sekali tuh mas, mereka tdk trorganisir jdi mnyebar d mana2 dan stiap desa pasti punya bnyk preman, mreka tdk punya ketua preman kayak d kota jakarta

      Delete
  7. harus hati-hati kalau lewat situ ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.. kalo mau aman, lewat pd pgi dan siang hari serta ajak motor2 dan mobil yg lainnya utk konvoi

      Delete
  8. Harus selalu hati-hati dan waspada, kejahatan mengintai kita..

    ReplyDelete
  9. sebegitu bahayanya kah?
    emang ga ada polisi disekitar tempat tersebut gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah lah, kalo gak percaya coba datang langsung aja k Muara Rupit Kab. MURATARA..

      Delete
  10. dimanapun dan kapanpun wajib bawa alat bela diri

    bisa spray merica / alat kejut listrik

    ya buat jaga jaga aja, asal jangan disalah gunakan :-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anggota Komplotan Rampok dan Begal yg braksi d MURATARA, sdikitnya 5 org (Motor) dan paling bnyk 20 org (Mobil).. mereka punya senjata tajam (Mandau) dan senpi rakitan

      Delete
  11. Kalau di lihat dari jamnya sangat tidak aman sekali kawasan di sana ya Sob, masa dari jam 7 malam tempat itu sudah rawan ?pada kemana petugas keamanannya ya ?

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disana aja habis maghrib udah sepi, apalagi kalo udah malam. bisa main bola kaki d tengah jalan dan tiduran..

      Delete
  12. Jam 10 pagi pun mereka beraksi. Sehingga kakak ku dirampok motor dan bawaannya. Kejam memang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang Sabar ya dan kalo lewat sana lgi harus hati2 dan ajak mobil atau motor yg lainnya konvoi

      Delete
  13. kenapa tidak ada patroli polisi disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disana tidak ada yg namanya Patroli Keamanan.. Semenjak Pembakaran 2 polsek yg terjadi bln april 2013 dan Pembakaran lgi bln juli 2013 yg lalu, aparat keamanan disana udah gak brani lgi sama masyarakat.. Pas ada kampanye Cabup MURATARA, Aparat kepolisian yg baru bertugas d polsek Rupit dan langsung d utus untum menjaga situasi kampanye agar tetap damai. Akan tetapi, Polisi baru tsb mengalami cek-cok dgn warga Rupit.. Shingga polisi tsb hampir d bacok oleh warga skitar, kmudian aparat kepolisian yg lain melerai pertikaian tsb dan menyuruh polisi yg baru itu utk kembali k polsek Rupit.. Sesudah Pilbup MURATARA, seorang ajudan polisi d keroyok oleh warga muara rupit telat nya d depan kantor camat rupit krn ajudan tsb org nya sok preman. Akhirnya pengeroyokan tdk trelakkan, seorang ajudan polisi tsb pun mngalami luka2 d wajahnya

      Delete
  14. D Muara Rupit kab MURATARA, banyak sekali Pungli, Preman, Perampok, Maling, Begal, Narkoba, Kejahatan Seksual, dan Tindakan kriminalitas lainnya.. Begal d Muara Rupit tidak mengenal waktu, kapan dan dimana aja dia mau melakukan aksi tersebut pasti d lakukan.. Bisa Pagi, Sore, bahkan Malam hari, Begal tersebut braksi krn banyak nya tuntutan ekonomi yg harus d penuhi.. Muara Rupit adalah Kecamatan yg tingkat kriminalitas nya sangat tinggi, stiap hri pasti ada aja Pungli, Perampokan, Begal, Maling, Narkoba, Pembunuhan, dan Kejahatan Seksual.. Apalagi kalo musim Liburan seperti Natal, Tahun Baru, Libur sekolah, dan Lebaran.. kalo hari biasa, bisa terjadi Perampokan dan Begal sedikitnya 5 motor d stiap daerah MURATARA. Kalo hari Libur, bisa 15 - 20 motor d stiap daerah MURATARA, trutama Kecamatan Muara Rupit

    ReplyDelete
  15. Pada bulan juni dan september, terjadi Perampokan dan Begal yg d alami oleh aparat kepolisian yg hendak melintas dan melakukan transaksi jual beli mobil d Kecamatan Rupit.. bln juni 2016, seorang polisi d Begal ketika melintasi desa Maur Kec. Rupit yg mnyebabkan krugian sbuah speda motor dan spucuk senjata api.. bulan september 2016, seorang polisi d rampok ketika hendak melakukan transaksi jual beli mobil d rumah makan desa karang anyar Kec. Rupit yg mnyebabkan krugian uang tunai 70 juta dan spucuk senjata api.. pada bulan agustus 2016, terjadi perampokan dan pembegalan yg d alami oleh seorang turis asal Rusia yg hendak keliling indonesia. Tuis tersebut d Rampok d depan SPBU Muara Rupit yg mnyebabkan kerugian sbuah sepeda, uang ratusan ribu, visa, paspor, dan dokumen2 penting lainnya..

    ReplyDelete
  16. Perampok dan Begal d MURATARA bnyk beraksi d brbagai kota2 besar sperti Lubuklinggau, Bengkulu, Jakarta, Semarang, Sarolangun jambi, Jambi, Tangerang, dan kota2 lainnya.. banyak spesialis prampokan rumah2 mewah d jakarta, spesialis pembobolan mesin ATM d Bengkulu, Tangerang, dan Semarang, spesialis pencurian speda motor dan mobil d Lubuklinggau, Sarolangun Jambi, dan Kota Jambi.. Bnyk juga yang braksi d daerah Kab MURATARA, mereka tersebar d mana - mana

    ReplyDelete
  17. Perkenalkan nama saya Andi Hendrawan; alamat kp 07 (minang) Desa Lawang Agung, Kec. Rupit, Kab. MURATARA, Prov. Sumatera Selatan.. Gue asli putra daerah sana, bagi anda2 yg lewat Rupit bisa menghubungi atau skedar mampir k rmh saya bila sdh lewat jam 7 malam.. CP : 082280336781

    ReplyDelete

 
Top