Merokok adalah kegiatan yang sudah menjadi menjadi kebiasaan sehari hari ,terutama pada lelaki. Karena lebih dari 50% dari laki laki mereka adalah perokok. Wah banyak juga ya yang hobi meyerap asap nikotin ini , apa sih enaknya meroko?.Kadang timbul dari dalam benak kita untuk mengakhiri kebiasaan yang satu ini, namun apakah itu berhasil? Membuahkan sebuah perubahan? Sebagian besar dari para perokok ini kalau di tanya ' apakah gak mau berhenti merokok' pastilah dan kebanyakan mereka menjawab ' Ingin berhenti' . Tapi nyatanya masih saja merokokan!hanya omong kosong doang.

Ternyata untuk berhenti merokok memang berat dan susah dilakukan.Berbagai cara pun anda lakukan dengan mencari menerapkan tips tips yang ada dan tak sedikit juga ada yang menggunakan obat baik herbal maupun dari kedokteran dan hasilnya pun nihil. Mungkin dengan beberapa tips yang akan saya tuliskan bisa menjadikan masukan yang positif untuk anda.

Pada dasarnya hal ini menyangkut kepribadian anda dan hak anda sepenuhnya seberapa besar keinginan anda untuk melakukan nya. Tak ada larangan apapun yang mengacu pada masalah ini semua bebas ber ekperimen.

Karena rokok ini banyak sekali resiko dan dampak negatif terhadap kesehatan sebenarnya perokok sendiri banyak yang ingin berhenti meninggalkannya maka boleh di coba beberapa tips berikut ini :

Tips agar berhenti merokok

  1. Niat.
    Niat adalah senjata yang paling ampuh untuk melakukan sesuatu apapun. Tanpa ada niat maka apalah arti dari itu semua hanya bualan saja, bukan begitu? Yakinkan bahwa anda mempunyai niat dan akan mewujudkannya , dengan ini maka semua tantangan yang akan anda hadapi akan di mulai.
  2. Pastikan orang di sekitar mengetahui Niat anda.
    ini sangat penting sekali karena pada saat itu juga semua akan memahami dan tau bahwa anda mempunyai keinginan yang baik. Mudah mudahan mereka bisa menerima dan biasanya akan mendukung, Maka dari itu cobalah untuk berbagi.
  3. Carilah kegiatan untuk megisi luang waktu.
    Biasanya seorang perokok kalau sudah nganggur pasti bawaannya pengen ngelepus aja alias merokok. Maka carilah kegiatan yang kiranya bisa melupakan rokok seperti olah raga , maen bareng keluarga, atau main game gadget dan sebagainya tapi ingat jangan bersandingan dengan rokok. 
  4. Usahakan isi kantong anda kosong.
    Sepertinya ini sudah menjadi kebiasaan yang tak disadari para perokok Mau di manapun kapanpun kalau nganggur duduk apalagi bareng temen atau siapa saja yang di cari adalah saku rokok. Dan kalau tak ada pasti bawaannya mau beli aja , nah ini cara paling gampang mengantisipasi agar anda tak membelinya. 
  5. Mulailah menabung.
    Anda bisa menyisikan uang dari rokok untuk di tabung. Buatlah misi yang akan anda beli misalnya buku, hp ,gadget atau yang lain. Mulailah menghitung setiap anda mengeluarkan uang untuk rokok dan gantikan dengan misi anda.
  6. Hindari kebiasaan yang memicu anda merokok.
    Hal ini seperti kebiasaan mengkonsumsi alkohol , kopi bergadang sampai larut malam dan sebagainya. Karena biasanya kalau hal diatas sempat anda lakukan maka kemungkinan anda akan kembali mengjisapnya.
  7. Cari makanan pengganti rokok.
    Godaan terberat seorang perokok adalah pada saat selesai makan.biasanya kalau habis makan akan bingung mencari barang yang satu itu , untuk mengantisipasinya maka carilah makanan pengganti seperti permen, makanan ringan, buah buahan dan masih banyak lagi makanan penutup.
  8. Perbanyak minum air putih.
    Minum air putih itu sehat mampu menetralkan hal negatif dari dalam tubuh maka perbanyaklah minim air putih agar badan anda tetap sehat.
  9. Perbayak tidur.
    Tidur bisa melupakan kegiatan apapun termasuk merokok maka kalau tak ada kegiatan positif yang mengisi waktu anda lebih baik tidur aja.
  10. Kalau bisa buatlah nadzar.
    Nadzar adalah salah satu niat melakukan sesuatu di balik keberhasilan anda. Berjanji kepadan-NYA bahwa kalau semua ini akan tercapai maka anda akan melakukan sesuatu apapun itu.
  11. Ingat poin di atas bahwa AKU BISA.

Beberapa tips agar anda berhenti merokok karena perlu kita sadari bahwa merokok itu sangat tidak baik bagi kesehatan. Dan saya tau ini sangat berat sekali bagi anda. Maka berkeyakinan , bertekad , dan berusaha untuk mewujudkan semuanya. Selamat berjuang sobat.

Post a comment Blogger

  1. Makan cemilan, lolipop dan permen karet bisa ngurangin keinginan buat ngerokok juga, Bang.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya itu hanya untuk menghilangkan ingatan ke rokoknya biar lupa gt.

      Delete
    2. Ngga juga Bang, biar mulutnya jadi sibuk aja. Bahahah :D

      Delete
    3. Wah kayaknya perokok ni hehehehheh....

      Delete
    4. Iya emang, sampe tahun 2012 :D

      Delete
  2. mudah-mudahan bisa mencoba mas ini mas

    ReplyDelete
  3. nulis artikel tanpa rokok kayaknya kurang lengkap dan gak bisa lancar mas. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah hebat jadi rokok bisa jadi melancarkan inspirasi ya .... hmmm

      Delete
  4. Bagi saya yang paling ampuh untuk berhenti merokok adalah niat yang kuat. benarkan mas :D

    ReplyDelete
  5. ahahaha duh susah bgt yaa berhenti ngerokok aja emg apa ya rasanya sampe kecanduan gitu :3

    ReplyDelete

 
Top